Nomaden

Pasar Monopoli, Ekonomi

PASAR MONOPOLI

Kelebihan:

  • Monopoli yang diberikan pemerintah dalam bentuk penghargaan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi di kalangan perusahaan
  • Monopoli yang disebabkan adanya economies of scale dapat meningkatkan daya saing perusahaan
  • Monopoli yang dilakukan pemerintah dapat mengontrol kepentingan orang banyak terutama untuk produk yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak

Kelemahan:

  • Monopoli karena pasar dikuasai oleh seorang penjual dapat memberi peluang bagi perusahaan tersebut bertindak sewenang-wenang sehingga akan merugikan konsumen
  • Dapat menyebabkan produksi berjalan tidak efisien
  • Memungkinkan penjual melakukan praktik diskriminasi harga untuk produksi yang sama
  • Dapat mengurangi pelayanan terhadap konsumen
  • Dapat menyebabkan konsumen tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan

Ciri –ciri :

  • Merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mana terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar.
  • Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah, paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.

PASAR MONOPSONI

Kelebihan:

  • Kualitas barang terjamin
  • Harga produk tidak terlalu tinggi

Kelemahan:

  • Produsen berada pada pihak yang lemah
  • Produk yang dianggap rendah mutunya tidak akan dibeli sehingga produk yang gagal sering dibuang
  • Produksi berjalan tidak efisien karena biasanya pembeli dalam pasar monopsoni bukan merupakan konsumen

Ciri-ciri:

  • keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas


     

PASAR OLIGOPSONI

Ciri – ciri :

  • keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.

PASAR OLIGOPOLI

Ciri-ciri:

  • Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
  • Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
  • Semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.


 

PASAR MONOPOLISTIK


 

0 comments:

Newer Post Older Post Home