PASAR MONOPOLI
Kelebihan:
- Monopoli yang diberikan pemerintah dalam bentuk penghargaan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi di kalangan perusahaan
- Monopoli yang disebabkan adanya economies of scale dapat meningkatkan daya saing perusahaan
- Monopoli yang dilakukan pemerintah dapat mengontrol kepentingan orang banyak terutama untuk produk yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak
Kelemahan:
- Monopoli karena pasar dikuasai oleh seorang penjual dapat memberi peluang bagi perusahaan tersebut bertindak sewenang-wenang sehingga akan merugikan konsumen
- Dapat menyebabkan produksi berjalan tidak efisien
- Memungkinkan penjual melakukan praktik diskriminasi harga untuk produksi yang sama
- Dapat mengurangi pelayanan terhadap konsumen
- Dapat menyebabkan konsumen tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan
Ciri –ciri :
- Merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mana terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar.
- Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah, paten, skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.
PASAR MONOPSONI
Kelebihan:
- Kualitas barang terjamin
- Harga produk tidak terlalu tinggi
Kelemahan:
- Produsen berada pada pihak yang lemah
- Produk yang dianggap rendah mutunya tidak akan dibeli sehingga produk yang gagal sering dibuang
- Produksi berjalan tidak efisien karena biasanya pembeli dalam pasar monopsoni bukan merupakan konsumen
Ciri-ciri:
PASAR OLIGOPSONI
Ciri – ciri :
- keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
PASAR OLIGOPOLI
Ciri-ciri:
- Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.
- Semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
PASAR MONOPOLISTIK
0 comments:
Post a Comment